ASPEK PEMASARAN BEKICOT

PEMASARAN BEKICOT

Pemasaran bekicot hidup dari peternak ke industri pengolah atau kelompok pembeli dilakukan sendiri oleh petani, hanya sedikit peternak yang menjual lewat kelompok tani, biasanya pengumpul bekicot mendatangi peternak yang akan melakukan panen secara rutin. Bekicot hasil panenan selama ini sebanyak 10% dibeli langsung oleh masyarakat/rumah tangga, 60% dibeli oleh industri besar untuk bahan baku daging bekicot beku dan 30% dibeli oleh pengrajin daging bekicot olahan (pengusaha keripik dan sate bekicot).

Daerah pemasaran bekicot ini sebanyak 10% dilakukan antar kecamatan, 80% diperjualbelikan dalam kabupaten dan 20% diperjualbelikan dalam propinsi.

Rantai pemasaran bekicot mulai dari petani/peternak sampai mencapai tujuan ekspor atau konsumen didaerah lain dapat dilihat dalam Grafik 3.4 dibawah ini.

Grafik 3.4. Rantai Tata Niaga Penjualan Bekicot

2 responses to “ASPEK PEMASARAN BEKICOT

  1. saya sebagai peternak sekaligus pengepul bekicot.bagaimana saya harus menyalurkan ke pabrik atau langsung yang mau menerima bahan baku mentah bekicot yg saya punyai? mohon tanggapan dan jawaban……………

  2. Kalau pemasaran di Lampung ke mana ya, maklum dilampung banyak petani di sana tanahnya lebar namun banyak yang tidak digarap (lahan tidur), adakah nama pabrik disana yang menampung produk bekicot. nanti kalau ada baru para petani mau membudidayakan bekicot.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s