Sel surya dengan pasir silika

Pasir silika di indonesia banyak tersedia, tapi ternyata proses pembuatan menjadi panel sel surya sangat sulit. Setelah jalan-jalan ke tempat mas Paijo, saya dapat gambaran itu. ma kasih mas Paijo untuk ilmunya.

Moga-moga pemerintah atau pihak swasta bisa mengembangkan usaha ini. Dari gambaran yang saya dapatkan dari mas Paijo, masih ada kemungkinan untuk memproduksi (jika ada bantuan sih dari pemerintah). Kecuali ada pembangkit listrik baru yang lebih efisien dan menghasilkan listrik besar, yang mampu memproduksi ini.

Jika ada yang ingin menambah ilmu tentang pembuatan pasir silika menjadi panel sel surya silahkan klik di sini.

ini cuplikan sedikit tentang tulisan mas Paijo

Penulis yakin manisnya janji dan indahnya mimpi yang ditawarkan oleh teklnologi sel surya untuk menyediakan listrik dalam jangka panjang telah mengundang pemikiran-pemikiran bahkan niatan untuk mengembangkan sel surya sendiri di tanah air. Bentuk fisik sel surya yang terlihat amat sederhana, mudah dipasang dan cukup mudah dibawa , mengundang anggapan mudahnya membuat sel surya. Kemudian, setelah mengetahui bahwa bahan dasar sel surya jenis silikon sejatinya ialah pasir atau tanah mengandung silika yang banyak di jumpai di tanah air, bertambah lagi anggapan umum bahwa sel surya sangat mungkin dikembangkan di tanah air yang jelas aroma bisnisnya akan cukup menyengat di masa depan.

……….

Silikon terdapat banyak di bumi. Ia merupakan unsur kedua terbanyak di kulit bumi setelah oksigen. Terdapat di alam dalam bentuk pasir silika atau yang dikenal juga degan quartz dengan rumus kimia SiO2. Tanah dimana kita pijak pun mengandung silikon. Sebagai contoh, di Indonesia penamnangan pasir silika ini dilakukan di Kalimantan Tengah dan Jawa Tengah. Di pesisir pantai selatan Jawa juga diyakini memiliki kandungan pasir silika. Silikon yang dipakai untuk keperluan semikonduktor dan sel surya diambil dari hasil pemisahan Si dan O. Saat ini, penghasil silikon terbesar di dunia ialah Cina, Amerika, Brazil, Norwegia dan Prancis. Cadangan sumber daya silika dan ketersediaan tenaga listrik yang cukup besar menjadi alasan mengapa negara-negara di atas memimpin dalam menghasilkan silikon.

……

salam dari Moechah

2 responses to “Sel surya dengan pasir silika

  1. menarik,bisa untuk dikerjakan sendiri ga’?, maksudnya dibuat dengan alat yang ada disekitar kita? trim’s

    malang,
    ryant

    • mas ryant, kayanya belum bisa, karena proses pengolahan pasir kuarsa ini membutuhkan tenaga yang gak sedikit. Tapi tidak menutup kemungkinan jika mas ryant punya suatu ide berupa alat yang bisa memproses pasir kuarsa, boleh juga kalau bisa di post-link ke sini. Ya itung-itung mencerdeskan kehidupan bangsa dengan membuat suatu yang baru.

      Maju terus Indonesia, Maju Terus Rakyatnya, Maju terus mas Ryant untuk berusaha membuat yang baru di negeri tercinta ini.
      Ide selalu menanti untuk digali

      moechanis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s