Sumber-Sumber Energi Tergantikan

Energi terbarukan adalah energi yang dihasilkan dari sumber yang tidak dapat habis atau tergantikan, seperti air, angin, sinar matahari, biomass atau panas bumi. Energi terbarukan akan selalu tersedia dan tidak menimbulkan polusi yang berarti.

Sumber-sumber utama energi terbarukan:

  • Tenaga Air, dari pembangkit listrik skala kecil sampai ke tenaga ombak.
  • Tenaga Angin, saat ini menjadi semakin populer di dunia dan harga pembuatannya semakin murah sehingga semakin kompetitif bila dibandingkan dengan bahan baakr fosil.
  • Tenaga Panas Matahari, saat ini 90% lebih murah daripada ketika tahun 70-an. Rumah yang memasang sel matahari pada atapnya mampu menghasilkan listrik untuk mencukupi kebutuhan keluarga.
  • Energy Biomass dideskripsikan sebagai energi yang diperoleh dari bahan organil. Energi yang tersimpan dalam tanaman dapat dikumpulkan untuk membangkitkan energi melalui beberapa metode seperti pengomposan, kombusi maupun gasifikasi.
  • Energi Panas Bumi adalah menggunakan panas bumi untuk menyediakan energi. Inti Bumi amat panas, diperkirakan mencapai 5.500 °C dibawah permukaan. Ini hampir sama dengan permukaan matahari.

Sumber klik sini

Jika kita berpikir dilingkungan sekitar kita. Begitu banyak sekali bahan-bahan untuk didaur ulang menjadi energi yang potensial.

Negara ini begitu banyak Sumber Daya Alam yang sangat menjanjikan untuk diolah menjadi Energi. Seperti 3/4 luas Indonesia yang berupa perairan, begitu banyak pulau-pulau yang dapat ditanami oleh kincir-kincir aingin, ratusan gunung yang menjanjikan panas untuk turbin-turbin pembangkit listrik.

Hal itu semua harus didukung dengan sikap pemerintah. Jika tanpa itu 0 besar. Tenaga ahli kita sudah mampu untuk kearah pembuatan dan pengembangan.

Salam Indonesiaku dan warganya. Selalu maju Republikku

2 responses to “Sumber-Sumber Energi Tergantikan

  1. ramadhani panca putra

    salam kenal aja mbak, lagi nyari energi alternatif untuk lokasi kerja di kabupaten yang belum tersentuh listrik di rokan hilir, riau

    • wah dipanggil bak? ini mas lhoo hehehe nope jika belum kenal. mas ramadhani bisa cerita tentang rokan hilir? maksud saya adalah bagaimana lingkungan sekitar, ada aliran sungai atau laut, bagaimana dengan angin? bahan baku apa saja yang mungkin diolah menjadi bahan bakar alternatif (maksud saya misal bahan buangan kayu, sampah yang mudah terbakar atau apa aja deh). Jika saya bisa mendapat gambaran mungkin kita bersama-sama untuk mencari energi alternatif yang bisa digunakan

      salam kenal

      moech anis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s