MOTOR BEREMISI NETRAL

Semarang, Para pengendara motor besar, dengan raungan khasnya, pasti akan memusuhi penemuan baru mengenai motor bertenaga hidrogen, baru-baru ini. Bagaimana tidak, dengan motor bertenaga hidrogen, salak knalpot seperti tinggal kenangan saja. Dan motor berdesing melaju tanpa suara apapun, selain kibasan angin.
Itu sekelumit pengalaman yang dituturkan wartawan BBC, Richard Westcott usai mencoba sepeda motor bertenaga hidrogen, awal pekan ini.
Dengan sepeda motor yang kemudian dinamakan ENV (Mesin Beremisi Netral) itu, Westcott seperti mengendarai skuter saja layaknya. ”Teramat aneh,” katanya. ”Suara hanya datang dari ban dan siutan angin dari sistem ergonomis helm,” ucap Westcott.
Karena suaranya yang minim itu, orang-orang jadi tak pernah menengok kala Westcott sesaat melintas. Hanya kemudian melongo, usai ia melaju di depan mereka. ”Dengan kekuatan 125 cc dan kecepatan mencapai 50 mph, serta daya jangkau mencapai 100 mil, ditambah tanpa suara dan ramah lingkungan jelas motor sepeda ini akan jadi idaman di masa depan,” paparnya kemudian.

Itulah keadaan kendaraan-kendaraan manusia beberapa dekade ke depan. Dengan desakan tinggi pada energi bertenaga fosil, karena menyebarkan karbon dan mengubah iklim bumi. Manusia kemudian berlomba-lomba mencari alternatif lain pembangkit tenaga.
Hidrogen kemudian menjadi salah satu pilihannya mengingat teramat mudah mendapatkan sumber dayanya. Selain juga tak menyebarkan karbon, hingga dianggap ramah lingkungan.
Secara logika hidrogen sendiri paling mudah bisa didapatkan dari air. Mengingat air merupakan senyawa kumpulan antara hidrogen dan oksigen. Tinggal bagaimana memisahkan dua anasir kimia tersebut dan memanfaatkannya untuk energi. (Sinarharapan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s