Minyak Tanah Naik

Adanya konversi Minyak Tanah ke Gas mulai merata. Hampir 80 % pada bulan Agustus ini. Hal ini memicu pemerintah berancang-ancang untuk menaikan Minyak Tanah. Minyak tanah diperkirakan naik 300-400 %.

Apakah hal ini memicu pergolakan di masyarakat. Entah lihat aja nanti. Tidak 100 % rakyat ini mampu untuk membeli gas yang dimungkinkan akan naik.

Kenapa minyak tanah naik ? menurut pemerintah minyak tanah naik dikarenakan dikuranginya subsidi minyak tanah pada masyarakat. Memang tidak dipungkiri 45 % minyak subsidi ini tidak tepat pada sasaran. Tapi kita kembali ke pertanyaan tapi Apakah rakyat mampu bertahan tanpa minyak tanah?

Saya saja, menggunakan gas elpiji juga menggunakan minyak tanah. Memasak air minum menggunakan elpiji tidak efisien, boros. Belum menanak nasi. wah bisa-bisa untuk anak cucu kita tidak mengenal pertanyaan “beras di tanak menggunakan”, nasi liwet. Bayangi aja anak kita ditanya guru ” beras dimasak menjadi nasi menggunakan apa?” jawabannya  megicjar.

Sumber daya lain tidak bisa 100% menggantikan penggunaan minyak tanah. Pemakaian dengan listrik di tingkat keluarga mulai dikurangi, hal ini disebabkan karena peningkatan harga jual listrik oleh PLN yang tiap 3 wulan mengalami penaikan. tanpa terasa thu kenaikannya?

Penggunaan kayu dan arang juga tidak mungkin. Hutan di Jawa ini telah hilang sekita 65%. menjadikan  kenaikan arang yang berkisar 30%.

Bagaimana dengan alternatif lain seperti arang berasal dari serbuk gergaji+sampah dll, itu hanya mencukupi 1 persen saja kebutuhan masyarakat. Tapi ide dan penemuan ini perlu dihargai dan dikembangkan. (bantu program pembuangan sampah).

Kita tunggu apa ada penggantinya? Bagaimana nii pemerintah ? masyarakat yang mudeng ilmu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s