Bisnis daur ulang plastik

BISNIS DAUR ULANG PLASTIK
Persiapan awal usaha daur ulang plastik Sebelum memulai usaha daur ulang plastic, sebaiknya kumpulkan terlebih dulu sebanyak banyaknya informasi tentang usaha daur ulang plastic ini. Usaha ini cukup menjanjikan karena walaupun usaha ini adalah usaha yang bergelut dengan kotoran atau barang barang bekas, namun transaksi usaha ini semuanya cash and cary – atau tunai dan tidak ada system utang, mulai dari tingkat pemulung, pengepul hingga sampai pada penjualan biji plastiknya. Survey dan pengumpulan informasi

1. Kunjungi pengusaha daur ulang plastic didaerah anda, dan kumpulkan informasi sebanyak banyaknya dari para pengusaha yang telah menggeluti usaha ini.

2. Survei dari mana sumber bahan baku yang terdekat atau masih dalam jangkauan transportasi yang ekonomis, serta utamanya berapa harga bahan baku pada saat anda survey.

3. adakan Survey sederhana untuk mengetahui berapa harga jual produk akhir plastic daur ulang masing masing jenis plastic.Produk akhir ini dapat berupa :

a. Sepihan daur ulang plastic ( sampah plastic digiling )

b. Biji plastic ( serpihan daur ulang di panaskan , dan dicetak menjadi biji platik. ) hasil ini yang diterima pabrik plastic untuk dicetak menjadi peralatan , keperluan rumah tangga dan lainnya.

4. Persiapan tempat yang memadai , dan tidak akan mengganggu tetangga kiri kanan. Jika tempat ini dilingkungan padat penduduk sebaiknya tempat ini dipagar rapat dan bebas pandangan dari luar pagar. Mesin Penggiling / crusher plastic mempunyai tingkat kebisingan yang tinggi, oleh karena itu harus diperhitungkan untuk mencari tempat yang nantinya tidak mengganggu tetangga sekitarnya. Ukuran lahan yang diperlukan minimal : Ruang Produksi (penggilingan) 6 (m) X 6 (m) Ruang pemisahan / sortir 6 (m) X 12 (m) Tempat jemur 6 (m) X 12 (m) Jika persiapan tempat ini , belum ada sebaiknya disewa lahan yang murah dan agak jauh dari pemukiman penduduk. Hal ini akan lebih menguntungkan dalam perhitungan ongkos produksi nantinya.

5. Dapatkan informasi dimana bisa di dapatkan mesin yang sesuai jenis maupun ukurannya untuk pekerjaan ini. Jika belum ditemukan pemasuk Mesin yang sesuai , coba dicari melalui buku petunjuk telepon, yellow page, atau situs interenet yang menjual mesin, diataranya http://www.mesionline.com ; http://www.tokomesin.com

6. Dapatkan artikel atau referensi dari internet berbagai artikel yang memuat daur ulang plastic. Dari data yang telah dikumpulkan akan dapat kita tarik kesimpulan kelayakan usaha jenis ini, serta factor hambatan maupun factor pendorong yang bisa mejadikan pertimbangan jika kita akan mendirikan usaha ini disuatu tempat yang baru, atau sebaliknya ditempat mana seyogyanya yang sesuai tempat yang digunakan agar lebih menguntungkan dan lancar dalam operational setiap harinya. Semakin lengkap data awal yang telah anda kumpulkan akan memperkecil resiko hambatan maupun kegagalan dalam usaha daur ulang plastic yang kita laksanakan. Setelah Kita mendaptkan informasi yang cukup, dan selanjutnya kita akan memutuskan untuk membeli mesin yang sesuai untuk proses daur ulang yang kita inginkan. Pada umumnya mesin crusher untuk mengolah daur ulang ini sudah banyak diproduksi dalam negeri. Namun dari masing masing produksi ini belum ada keseragaman ukuran yang baku. Oleh karena itu sebaiknya jika kita akan menyiapkan konstruksi pondasi mesin ini , terlebih dahulu kita harus tahu persis ukuran mesin dan posisi lobang baut pengikat mesin ke pondasi. Pondasi mesin ini mutlak diperlukan karena mesin giling daur ulang plastic ini mempunya getaran yang cukup kuat pada waktu proses penggilingan. Pembuatan Pondasi mesin sebaiknya dari cor semen, sekaligus membuat lantai kerja dan bak pencucian seperti gambar berikut ini . Pada sekeliling lantai kerja sebaiknya dibuatkan pagar pelindung untuk keselamatan kerja. Pada ruang produksi ini diperlukan saluran air besih dan saluran pembuangan air limbah bekas cucian plastic . Keperluan air bersih ini cukup banyak, jika kita bekerja satu hari non stop. Oleh karena itu kita juga perlu memperhatikan design tempat kerja sekitar bak pencucian agar tidak becek dan mengganggu aktifitas kerja yang lain. Lantai disekeliling bak cuci perlu dibuat lebih rendah agar air yang tertumpah dari bak cuci bisa langsung mengalir ke satu arah yang telah kita tentukan. Bak cuci dilengkapi dengan lobang overflow dibagian atas agar kelebihan jumlah air yang masuk bisa dikontrol dan tidak meluber kesemua arah. Pada bak cuci pertama akan selalu mendapat tambahan air dari mesin crusher pada saat mesin beroperasi. Bak yang kedua untuk pembilasan, jika airnya telah kotor perlu diganti dengan air yang baru. Oleh karena itu perlu dibuatkan saluran penambahan air bersih tersendiri. Dari kedua bak ini perlu dilengkapi lobang penguras air di bagian bawah bak pencucian. Dengan pengaturan demikian diharapkan akan memudahkan pekerja untuk melaksanakan tugasnya agar produktivitas kerja tinggi untuk menghindari factor lain yang memungkinkan timbulnya kecelakaan dan gangguan kesehatan kerj. sumber

60 responses to “Bisnis daur ulang plastik

  1. a sudah memulai usaha daur ulang plastik (pp) sampai menjadi tali rafia dll.kira2 menurut anda :masa depan kelangsungan usaha ku dal bidang ini,kira2 sampai berapa tahun sy bs mengembangkan!!!

  2. Saya salut dengan anda. Ini adalah suatu usaha yang bagus. Jika saya ditanya kelangsungan usaha anda dalam pengelolaan sampah plastik (daur ulang) saya secara pribadi sangat menjanjikan sekali dan pengembangan usaha ini akan selalu berlanjut terus selama pemakaian plastik terus menerus ada. Hal ini anda bisa lihat dengan pemakaian produk dari plastik yang kian hari-kian meningkat. Tiap hari kita semua masih membutuhkan plastik. Selama itu juga usaha anda semakin meningkat.
    Lanjutkan usaha anda, dan terus membuat kreasi-kreasi baru dari daur ulang plastik. Berjuang terus. Saya akan berusaha membantu dengan informasi-informasi terbaru mengenai daur ulang plastik ini.

  3. Cara pemasaran biji plastik gmn ya?

  4. Terima kasih atas kunjungannya.
    Coba ibu cari di lingkungan ibu atau dikota ibu tentang industri pengolahan biji plastik.
    Banyak sekali industri yang membutuhkan biji plastik, seperti industri peralatan dari plastik (seperti pot bunga, dll), pada industri peralatan onderdil kendaraan (seperti tebeng kendaraan,lampu send pada mobil, dll), bahkan pada industri pengolahan plastik untuk dibuat tas kresek (ini saya tidak menyarankan). Biji plastik yang sekarang digunakan kebanyakan masih di import.
    Hanya ini dulu yang bisa saya sarankan. jika ada tambahan informasi akan saya kirim ke email ibu.

  5. Saya mau tanya modal minimum yang dibutuhkan untuk membuat usaha berapa? dan apasaja yang menjadi kendala-kendala usaha diawal merintis?…. trima kasih

  6. Usaha tsb memmang sangat menguntungkan karena bahan baku tidak akan busuk dan masih banyak pbarik yg membutuhkan.
    Sekarang saya dalam persiapan pembuatan pabrik penggilingan platik, saya mohon dibantu pabrik – pabrik yang dapat membeli hasil produksi saya (lengkap dgn alamat dan telp) karena saya baru punya 1 caon pembeli.Saya tunggu jawabannya di alamat email saya : ariewibowo08@yahoo.com

    Trims

    • Saya salut dengan Bapak karena sdh berani memulai usaha daur ulang plastik.
      kalau boleh saya tahu,posisi usaha Bapak di kota mana?
      Utk lahan apakah Bapak menyewa tempat atau lahan milik pribadi?
      Utk modal estimasi kira2 berapa?

      Atas jawabannya saya mengucapkan banyak terima kasih

      a.nechan@yahoo.com

    • Mas,saya berminat dgn usaha yg anda tekuni,mohon petunjuk dan semua info tentang usaha ini.Thank,salam kenal.

  7. ngomong seputar daur ulang plastik, saya berencana membuat produk kerajinan dari sampah plastik bekas kemasan, (bukan didaur jadi biji plastik, karena pasti butuh modal yang tidak sedikit untuk membeli mesin2nya). saya menguasai jahit menjahit, jadi rencana saya plastik bekas kemasan itu bisa dijadikan produk yang berguna lagi, seperti tas belanja, payung dll. kendalanya, bagaimana ya cara mencari penyuplai plastik bekas kemasan tsb. terima kasih jika ada masukan buat saya.

  8. saya pembuat biji plastik, jika ibu berkenan kami mengajak untuk kerjasama dalam pengadaan bahan baku dan penjualan hasil prosesan atau biji plastik

    • perkenalkan nama saya deny,saya karyaran disalah satu bank disurabaya,saya tertarik dengan usaha daur ulang plastik dan saya pengen meluangkan waktu saya belajar sama bapak

  9. untuk info pabrik plastik coba lihat di mas google atau om yahoo, mungkin bisa bantu.
    Dari survey ternyata kebutuhan biji plastik di Indonesia kekurangan. Saat ini masih import.

  10. Saya sangat berminat dalam usaha ini. Saya memohon bantuan kepada siapa saja tentang prosedur dan proses membuat usaha ini. Tolong langkah-langkah dan informasi tentang segala hal yang berhubungan dengan usaha ini termasuk modal dan peralatan serta perlengkapan yang di butuhkan. Saya ada di daerah Surabaya. Terima kasih banyak atas bantuannya. Saya tunggu infonya di email saya. Terima kasih.

  11. Saya br akan memulai bisnis biji plastik tp sy msh bingung bgm cr memasarkanya dan kmn?

    • selamat datang Mas Arie di blog saya, anda bisa menawarkan ke pabrik plastik. jika memungkinkan akan saya muat di post saya perusahaan eksportir yang bisa menerima. terima kasih akan komntarnya

  12. mas yang baik,
    saya perlu bantuan secepatnya tentang informasi plastik.
    saat ini saya sangat berminat bisnis plastik, kebetulan saya mendapat investor asing yang akan menanam kan modal pada perusahaan saya yang sebelum nya bergerak dibidang foundry. namun karena melihat plastic prospek kedepan lebih bagu dan ada yang mau invest kenapa tidak.
    masalah dana tidak jadi masalah, namun karena saya sama sekali tidak mengerti tentang plastic. saya sudah baca buku mengolah sampah jadi uang, data data di internet, namun saya masih ada hal yang tidak saya tahu tentang plastic.
    pertanyaan saya:
    1. bijih plastik itu posesnya gmana? tolong jelaskan dari awal sampai jadi bijih plastik
    2. bagaimana cara mencampurkan warna?
    3. bagaimana kita membaca hasil specifikasi lab plastic?
    4. proses pemakaian mesin specifikasi gmana caranya dan berapa harganya?
    5. berapa harga mesin specifikasinya,?

    terima kasih saya harap kan bantuan nya, atau beritahu saya dimana saya dapat belajar langsung.

    sansan

  13. harga biji plastik menunjukkan perkembangan yang lebih baik dg harga semakin hari menunjukkan kenaikan hal ini mengakibatkan dunia plastik akan bangkit kembali karena biji plastik yang orginal di pasaran saat ini sangat langka banyak perusahaan plastik yang import sehingga harga biji plastik akan naik.
    saya bisa membantu bagi perusahaan pelet/biji plastik menyediakan bahan baku kawul (afal pabrik)dan sruwul yang berminat hub : 08883029089/03171908758 email: bernanta.asia@yahoo.co.id

  14. saya 19 tahun, sedang kuliah di s1 jurusan manajemen di suatu universitas di semarang, yang saya ingin tanyakan adalah bagaimana saya dapat memulai untuk berbisnis daur ulang khususnya plastik? apa yang harus saya kerjakan awal untuk merintis ini dalam umur saya yg masih muda ini? bagaimana saya dapat memperoleh informasi yg benar-benar membantu dalam awal saya merintis usaha ini? trimakasih.

  15. Assalamualaikum Wr, Wb.

    Pertanyaan saya juga kurang lebih sama dengan Mas Yang No.13.

    Tragis lagi saya pengangguran, sedikit banyaknya saya mau belajar bisnis ini. MOhon Informasinya ya Mas, saya Tunggu Di Email saya: donny.jayap@gmail.com

    Saya Mohon bantuannya.
    Thanxs.

    Wassalam.
    Donny JP

  16. dear all
    saya baru mau mulai usaha daur ulang plastik ini, akan tetapi saya belum tau pasti pasaran biji plastik yg sebenarnya, mohon bantuan rekan2 untuk informasinya.saya tunggu di email: benni.torus@yahoo.co.id
    thanks n regards
    ben

  17. Assalamu alaikum pak Anis, saya menejer operasional sebuah koperasi syari’ah di Kalimantan Tengah, berniat membuka unit usaha pengolahan bijih plastik, semoga pak anis dapat membantu informasi penjualan untuk kami.
    Wassalamu alaikum

  18. saya dukung usaha anda.lanjutkan….!!!

  19. Dear All,
    Saya saat ini bekerja pada perusahaan distributor untuk mesin pengolahan plastik, mulai dari proses recycle sampai dengan proses cetak jadi. Apabila anda mempunyai pertanyaan sekitar mesin pengolahan plastik dapat menghubungi saya via Email : suhawardi@gmail.com

  20. Dear friends,
    saya amat berminat dengan memproduksi plastik tali rafia.tetapi saya sama sekali buta mengenai bidang ini.yang ingin saya tanyakan(mohon bantuanya) kepada saudara/teman-teman sekalian:
    1.Persiapan/mesin produksi apa saja yang harus saya siapkan?
    2.Berapa modal awal yang harus saya sediakan?
    3.Bahan baku apa saja yang harus dipakai?
    4.Bagaimana mengetahui nilai naik turunnya harga plastik?
    Dan juga pertanyaan yang sama seperti NO.13 saudara sansan
    Tolong bantuan informasinya dan thanx sebelumnya.
    email saya: thomasacun@yahoo.com

  21. wah wah nyambung ama skripsi saya nih pak…

    mau tanya ya pak…
    apa bapak sendiri membuat usaha DU plastik? untuk jenis plastik apa aja? PET aja atau dengan jenis lainnya juga? apa bapak menggunakan proses mekanis dalam pemilahan plastiknya atau manual/hand sorting saja?

    terima kasih sebelumnya ^_^

  22. salam semua,

    saya ingin share juga kepada rekan2 disini, saat ini saya sedang menggeluti usaha daur ulang plastik ini. daur ulang biji plastik saya terfokus kepada penggilingan plastik khusus untuk botol pet (semacam botol aqua/vit/2tang/botol dg bahan sejenis). untuk model lahan pabrik sendiri memang jauh dari standar, saya menggunakan mesin giling berukuran terkecil, sekitar 20kg/jam. memang, awalnya saya modal nekat, sy belum tahu betul seluk beluknya. saya memesan mesin tersebut dari surabaya, pesan online, dag dig dug ternyata sampai juga di bogor, padahal sy tidak tahu orang yg membuatnya, hanya by sms – transfer – sampai.

    kendala utama yang sy hadapi saat ini adalah lokasi pabrik yang sangat rapat dengan tetangga, hehehe .. memang akhirnya izin sama pak RT, tapi tetap saja risih karena mesinnya sangat berisik, apalagi mesin saya bertenaga bensin.

    untuk tempat pengolahan pun jauh dari perfect karena kondisi lokasi halam rumah sy paksakan menjadi tempat pengolahan daur ulang. sejauh ini kami mampu menghasilkan serpihan plastik yang cukup bersih (mungkin sangat bersih, karena tidak ada kotoran yang tercampur dan tahap sortiran yang ketat)

    dari sini saya mulai belajar improvement2 untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan produksi dengan cepat karena pada prinsipnya, jika kita mampu memproduksi serpihan plastik satu ton seminggu, maka keuntungannya adalah satu ton seminggu, namun jika kita bisa memproduksinya satu ton sehari, maka keuntungannya adalah satu ton satu hari. oleh karenanya, daur ulang pastik ini bagai mutiara ditengah tumpukan sampah dan bau, selama kita tau celahnya, mudah2an bisa berhasil dan sedikit banyak membantu mengurangi pencemaran tanah dari plastik yang sangat berbahay bagi kehidupan manusia jika tidak di maintain dengan baik.

    ini pun saya hanya bermain di satu jenis plastik, masih puluhan lagi jenis plastik yang bisa anda olah dengan maksimal. ember, kaca, impact (bahan sepeda motor dan sejenis), kristal (bahan sejenis stoples kue kering bening tipis), mainan (sejenis botol2 bekas oli, jeriken, dll) dan ratusan jenis lain yang saya belum faham seluruhnya.

    jika ada yang membutuhkan serpihan/chips plastik khusus jenis botol pet/pp, silahkan hubungi saya di 081314205000. lokasi saya di bogor. saat ini saya mengirim serpihan plastik ke pabrik pengolahan bijih plastik bahan botol pet/pp di tangerang.

    salam hijau.
    ihsan

    • met kenal mas ixan…
      aq mau tanya mas iixan menggunakan mesin giling yg kapasitas 20 kg/jam itu harganya berapa, yang bisa digiling jenis plastik apa saja dan dipasarkan ke tanggerang berapa harganya mas ixan. thanks email aku. :mpakje@yahoo.co.id

    • salam kenal mas ihsan, saya seperti juga anda menggeluti usaha dibidang plastik, ya itung itung mencegah kerusakan lingkungan + ambil manfaat buat saya dan temen 2 kecil saya dikampung, saat ini kapasitas usaha saya +/- 2 ton perminggu jenis yang kami geluti terdiri dari crusher untuk putihan( pet/bening/susu, warna(merah/ kuning/biru, ember( LD/HD), kristal, pengen sebenarnya saya bisa suplai ke jakarta, kalo ada relasi yang serius mas ihsan bisa infokan ke saya di Bozze.id@gmail.com/081392145119

  23. saya siap menerima hasil gilingan ataupun belum di giling untuk jenis pp bening (gelas aqua),jenis pet bening ataupun warna (botol aqua),asalkan memenuhi stadard danbersih.
    untuk penawaran harga silahkan email ke : herland62@telkom.net,pembayaran Cash.

  24. Saya mwu minta info seputar bijih plastik..
    Saya ingin tahu kira-kira dimana ya tempat di daerah Jakarta atau sekitarnya untuk membeli bijih plastik daur ulang PP cetak, PP sablon,, dan PP karung??
    Karena saya ingin membelinya…
    Yolong hbungi saya di email sweetsoda_glossy@yahoo.com

    Thx…

  25. halloo,pak

    saya tertarik dengan bisnis Pet botol aqua,boleh diemail kan kesaya cara2 pembuatannya sampai kemodalnya.makasih pak

    salam hari
    email Cien_min777@yahoo.com

  26. Ada yang mau menampung cacahan/hasil gilingan plastik dari PET & PP? E-mail saya : arenotiz@yahoo.com

  27. perkenalkan nama saya deny,diusia 25th ini dengan waktu yang sangat sedikit dari waktu bekerja dikantor,saya pengen punya cita2 buka usaha daur ulang plastik yang sangat menjanjikan ini buat masa depan adek2 saya, yang saya tanyakan pak:
    1.kira2 berapa modal yang harus saya siapkan?
    2.bapak bs ngasih jenis2 plastik mengingat jenis plastik itu banyak pak
    3.setor ke pabrik biasanya sudah dalam bentuk apa plastiknya
    4.berapa minimal plastik yang biasa di terima oleh pabrik

    trima kasih pak,bohon petunjuknya

  28. mas herland… pp bening dan pet bening harganya berapa ya ? tks mas..

  29. saya berwirausaha di bidang daur ulang plastik, LD,HD,PE,Warna, browing, naso dll, kl bapak punya relasi yang siap membeli bisa dinfokan ke saya di : bozze.id@gmail.com / 081392145119

  30. Saya hampir 1 tahun ini memulai usaha recycle plastik khusus pet botol. Saya baru 2 bulan ini bener2 terjun ke lapangan. Dan sampai saat ini juga saya masi bingung tentang hasil gilingan saya.

    Boleh di bilang saya sudah hampir menyerah, tapi modal saya sudah terlanjur masuk.

    Masalah saya, awalnya hasil gilingan tidak bening dan masih ada kotoran seperti gumpalan tanah kecil2.
    Setelah masalah ini selesai, mesin saya yang bolak balik rusak.

    Saya bingung, saya mesti bagaimana sekarang ini ?
    sudah mentok, ga bisa mikir lagi kali. ;(

    • Kenapa bingung dengan hasil gilingnya, cuci nya pake coustic soda nggak ? kalau cucinya bersih, alias pake mess, tanahnya pasti kebuang kebawah. Giling pet pasti harus pake mess, minimal, mess 80, kalau bisa, tambahkan kaporit, atau bayclean biar hasilnya putih cemerlang. Untuk gilingan, air harus terus mengalir, setengah hari sebaiknya air cucian dibuang setengah, ganti dengan air yg baru. khusus pet, bilas terakhir harus pake kaporit atau bayclean, baru bisa bening. kotoran, dihilangkan dengan menggunakan mess 80, beli di glodok, banyak.
      satu lagi, mesin yang anda gunakan seperti apa ? mesin diesel penggeraknya maksud saya, apakah mesin dong feng, cangfa, chang chai atau yanmar? dengan kap 30 pk ?
      semua kategori mesin tsb tidak memenuhi syarat untuk jadi mesin penggerak mesin giling, harus pake mesin truk, minimal ps 100, kekuatan 100 pk.

      Khusus giling pet, pisau harus tajam selalu, sebaiknya dilas ujungnya dengan kawat las type HSS, biar nggak cepet tumpul. karena pet akan melawan saat digiling, tidak seperti PP, hd atau pvc, lebih mudah untuk digiling.

      salah perhitungan tentang mesin, kap mesin, bisnis plastik bisa rugi karena kapasitas hasil giling dalam sehari harus besar, tidak cukup dengan 500 kg sampai dengan 1 ton, harus minimal 2 ton/hari.

      salam, karim
      hp\: 0817 4898604

  31. muhammad ibrahim

    Saya sangat berminat dalam usaha ini. Saya memohon bantuan kepada siapa saja tentang prosedur dan proses membuat usaha ini. Tolong langkah-langkah dan informasi tentang segala hal yang berhubungan dengan usaha ini termasuk modal dan peralatan serta perlengkapan yang di butuhkan. Saya ada di daerah Surabaya
    1.Persiapan/mesin produksi apa saja yang harus saya siapkan?
    2.Berapa modal awal yang harus saya sediakan?
    3.Bahan baku apa saja yang harus dipakai?
    4.Bagaimana mengetahui nilai naik turunnya harga plastik?
    Dan juga pertanyaan yang sama seperti NO.13 saudara sansan

  32. ada yg berminat membeli limbah plastik pp,hdpe,ldpe,pet dll?
    saya tidak main gilingan tetapi sudah saya sortir berdasarkan jenis dan warna contoh tutup galon ldpe biru, pet bening,pet biru,hijau, hdpe macam2 pokoknya sudah di sortir dan bersih(sudah dicuci). saya juga menjual kardus bekas,kertas semen,duplex dan sekarang saya punya stock 30 ton kertas semen( bersih, berupa irisan/potongan memanjang, sudah dipress/bale )
    harga nego pembayaran cash/tt
    silahkan hubungi saya di mang_aam@yahoo.com / zyaskha.aushiva.zameera@gmail.com

    • SAYA MENERIMA BOTOL AQUA (PET) DAN GELAS (PP) YANG BLM DI GILING DLM JUMLAH TAK TERBATAS DAN HARGA MENARIK AND CASH, HUB : 021.93664610

  33. Mas ihsan..Untuk menggeluti usaha ini,langkah awal apa aja yg mesti dilakukan?Brp kira2 modal awalnya?Mohon semua info n petunjukny..Slm sukses.

  34. pakk…berapa investasi yang saya keluarkan untuk memulai bisnis daur ulang plastik untuk menjadi biji plastik,,untuk lahan saya sudah siapkan. tinggal mesin mesinya doang…berapapak..atas jawabannya saya ucapkan terimakasih.mohoh balas di imail saya

  35. dicari pembeli pp aqua gelas bersih siap giling dan pet siap giling,2 ton perminggu, 022 70115087

  36. CV.DOUBLE”L”MOULD IND

    Kita bergerak dalam bidang matras/cetakan plastik,yang berhubungan dengan plastik.kantor kita di Pengampon Square blok E-9 surabaya.kita menawarkan kepada pabrik anda,dapat dilihat di website kita http://www.llmould.com
    Bagi yang berminat untuk memesan matras bisa menghubungi Cynthia
    Tlp:031-3554421 Hp:081-803-049-472

  37. Dear all calon pengusaha biji plastik,, saya juga sangat tertarik dengan usaha ini kiranya ada yang sudah mendapat secara detail buku yang mengulas bisnis ini bisa berbagi,yang menjadi pertanyaannya jika kita telah masuk kedalam bisnis ini dan ternyata hasil gilingan jelek bagaimana solusinya?? jika mesin rusak dan harus bolak balik utk servis??? jika limbah mengangu permukiman??ijin usaha??? perkiraan untung ???? biaya listrik ???bahan apa yg paling di cari ???thanks

  38. Salam Kenal, Pak Suherlan

    Nama Saya Arie. sudah 1 tahun saya produksi pet cacah / pp.
    Lokasi saya berada di ciganjur ( Jakarta Selatan )
    Mohon kiranya pak herlan memberikan penawaran tentang harga yg ditawarkan. Mohon di email ke : ariewibowo08@yahoo.com

    Trim,

    Arie

  39. Saya sudah lama berminat untuk terjun dalam bisnis ini, baru belakangan ini serius mencari informasi dari berbagai sumber. Kelihatannya untuk pemilik modal pas-pasan seperti saya meskipun sudah mampu mempunyai lahan dan mesin serta perlengkapannya, yang paling penting adalah supply bahan baku. Sampah plastik yang saya pikir sangat melimpah, teryata perlu perjuangan untuk mendapatkannya. Karena ternyata persaingan untuk mendapatkan bahan baku sangat ketat. Pengepul memprioritaskan para pemilik pabrik yang punya modal besar, bahkan ada yang meminta DP untuk bahan baku yang baru akan dikirim minggu depan.
    Modal untuk bahan baku jika harga pasaran Rp.2.800/kg dan kebutuhan kita (target optimis) bisa memproses 5 ton, kita perlu modal (yang pasti cash bahkan mungkin dengan bayar DP) sekitar Rp.14 jutaan, belum biaya produksi yang lain. Jadi bisa dibayangkan untuk cash flow yang ideal berapa.

    Mugkin ada yang punya solusi untuk masalah bahan baku.
    Terima kasih

    Salam,
    Putri
    (putri.borja@yahoo.com)

  40. Salam kenal,
    saya Ismail, sekarang saya ingin mencoba usaha daur ulang plastik ini,tetapi saya masih bingung untuk memulainya :
    1. bagaimana cara memproses plastik menjadi biji plastik
    2. Mesin apa saja yang dibutuhkan
    3. pemasarannya kemana
    Terimakasih atas bantuannya.
    mohon kirim email ke : maeell_nfx@yahoo.com

    Thanks

  41. Mas Ari

    Kalo boleh tau harga berapa ?
    Lokasi dimana ?

  42. hi friends,saya suandi,umur 25 tahun.saya sangat amat berminat dalam bisnis biji plastik.saya sebagai pemula yg ingin memulai bisnis ini dan mohon kepada teman2 yang mengetahui informasi yang detail proses menbuat biji plastik antara lain:
    1.bahan baku apa saja yg digunakan?
    2.mesin-mesin apa saja yg digunakan?
    3.brp modal yg diperlukan?
    4.proses biji plastiknya gimana?dari awal sampai menjadi biji plastik yg siap dijual?
    kalau ada kursus-nya,saya siap membayarnya sampai saya mengerti.tolong infonya ke suandi_84@yahoo.com atau 081342039399(suandi)
    trim’s

  43. mas saya ingin bertanya bila saya ingin terjun ke limbah plastik dan saya berusaha dari pengepul sampah plastik dan menjualnya, saya ingin bertanya berapa harga sampah plastik bekas aqua sekilonya? kebetulan saya berpikir untuk membeli alat pencacah dan saya tidah tahu pasar dan harus menjual kemana. Saya tinggal di daerah bogor. Mohon bantuannya karena saya masih mahasiswa dan belum mengenal baik pasar limbah plastik.

    • SAYA MENERIMA PLASTIK BOTOL (PET) DAN GELAS (PP) DALAM JUMALAH TAK TERBATAS DAN HARGA MENARIK SERTA CASH, HUB LSG SAYA : HERLAN DI 021.93664610

  44. Dear Pak,
    nama saya mael,sekarang saya bekerja dikantor,tetapi saya pengen punya cita2 buka usaha daur ulang plastik yang sangat menjanjikan ini buat masa depan kluarga saya, saya mau tanya pak:
    1.kira2 berapa modal yang harus saya siapkan?
    2.bapak bs ngasih jenis2 plastik mengingat jenis plastik itu banyak pak
    3.setor ke pabrik biasanya sudah dalam bentuk apa plastiknya
    4.berapa minimal plastik yang biasa di terima oleh pabrik
    5.Cara membersihkan plastik yg masih kotor untuk diproses selanjutnya

    trima kasih pak,mohon bantuan penjelasannya

  45. Dear pak,

    Saya terrtarik usaha daur ulang plastik dan skrg sedang mempertimbangkan u/ membeli usaha ini yg sdh berjalan dari seseorang, selain modal u/ pengambil alihan usaha ini +/- 65 Jt pertanyaan saya :

    1. berapa tambahan modal u/ operasional
    per bulan & u/ berapa ton hsl produksi

    – pembelian bahan baku plastik
    – gaji karyawan
    – bensin/solar
    – biaya pemeliharaan mesin
    – air & Listrik
    – transportasi
    – lain

    Terima kasih

    • Dear Pak/Mas Herry Jaya
      Terima kasih atas perhatian. Dari yang Pak/mas Herry paparkan diatas masih kurang informasinya. Nilai inventaris itu brapa? alat-alat yang ada, kalau ada data-data administrasi lainnya. hal ini bisa menjadi gambaran berapa modal yang akan dialokasikan atau ditambahkan. karena jika dilihat dari pertanyaan anda seperti suatu usaha yang baru.
      misalnya :
      – pembelian bahan baku plastik (harga ini bisa saya anggap relatif, karena tiap daerah berbeda-beda)
      – gaji karyawan (dilihat dari hasil kerjanya)
      – bensin/solar (sama seperti diatas)
      – biaya pemeliharaan mesin (saat ini kondisi mesin brapa persen)
      – air dan listrik (dilihat dari kapasitasnya nantinya)
      – transport (jika anda sudah tahu ambil bahan baku plastik dari mana dan penjualannya nanti dimana)

      disini anda bisa membaca komentar2 diatas, ada beberapa yang sudah berhasil
      trims

  46. Dear pak..

    Banyak di indonesia yang ingin membuka usaha –
    daur ulang plastik,usaha ini memang sangat menjanjikan untuk di masa depan.
    Dan yang pasti banyak masyarakat yang mempunyai modal ingin menggeluti usaha ini.
    Yang saya mau tanyakan..?
    Apakah berbahaya hasil dari pencucian air limbah itu sendiri?
    Apakah kita membutuhkan izin UUG dari usaha ini?

    Trims atas informasinya

  47. saya mau di ajak kerja sama di bidang daur ulang plastik.saya tahu masalah seputar daur ulang plastik.sampai proses proses penggilingan dan pemasarannya.jadi karyawan ga apa2.aku di Surabaya. hp 085732898156

  48. saya punya usaha plastik daur ulang..” mengenai harga pemasarannya nya..” mohon di informasikan di email saya..” mahesa_wiguna.rich@yahoo.co.id
    thanks

  49. Dear P’ moechah,

    Pertanyaan saya sama seperti P’Herry Jaya, ada Penawaran usaha daur ulang sampah plastik harga 60 jt, dengan kriteria seperti ini :
    – Lokasi menempati areal seluas 550m (sewa tanah sisa 8 bulan/ 6jt/th)
    – Sudah dilengkapi dengan ruang produksi, tempat penjemuran luas, kantor, kamar, kantor, kamar mandi, Listrik 900watt), tempat pembuangan limbah.
    – Mesin Giling Baru bulan pakai kapasitas 800kg/hari (8jam kerja) ukuran 16inch
    – Mesin Diesel China baru pakai bulan ukuran 20pk
    – Timbangan ukuran 300kg
    – Ruang Mesin sudah dilengkapi dengan peredam suara, sehingga tidak terdengar sampai keluar pabrik
    – Diberikan daftar supplier bahan baku plastik 12 lapak
    – Tempat Penjualan sudah ada, tinggal melanjutkan

    Pertanyaannya :
    1. Kira – kira berapa tambahan modal u/ operasional
    per bulan & u/ berapa ton hsl produksi?

    2. Apakah harga 60 jt adalah harga yg pantas dengan rincian yg telah saya sebutkan di atas?

    Terima Kasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s